cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 11 Documents clear
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas IV SD Negeri 41 Kota Lubuklinggau Ferliana Sartilah; Tio Gusti Satri; Dedy Firduansyah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.5299

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Saintifik Seni Budaya untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau. Jenis penelitiannya adalah Research and Development dengan model Dick & Carey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara dan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan yaitu validasi media tergolong dengan kategori dikategorikan valid dengan skor rata-rata 3,07. Hasil validasi kebahasaan dikategorikan cukup valid dengan skor rata-rata 3. Hasil validasi materi dikategorikan valid dengan skor rata-rata 3,2. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket dari tim ahli, LKS Berbasis Saintifikdikategorikan valid dengan skor rata-rata 3,7 dari skor maksimal 4,0. Sedangkan hasil penelitian uji perorangan (one to one) tergolong dikategorikan praktis dengan skor rata-rata 4,0, dan hasil uji kelompok kecil (small group) dikategorikan cukup praktis dengan skor rata-rata 3,4, artinya LKS Berbasis Saintifik Seni Budaya untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau valid dan praktis untuk digunakan.
Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning pada Peserta Didik Kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Riska Laily
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6300

Abstract

Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar peserta didik kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari kurang memahami tentang materi. Bertitik tolak dari uraian di atas, maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris setelah diterapkannya model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari?”. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris setelah diterapkan model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII IPS.I SMA Negeri 10 Batanghari berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di kelas XII IPS.I  pada bulan September s/d November tahun 2018. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran Mastery Learning.  Ketuntasan belajar meningkat dari Pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 56,25%, 78,13% dan 87,50 % Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Power Point dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di Kelas X IPA1 SMAN 11 Palembang Lili Rahmawati
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6301

Abstract

Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media Power Point sudah baik. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sudah sesuai dengan sintaks yang ada. Guru mengawali pembelajaran dengan pendahuluan, kemudian melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu dan membuat siswa antusias. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA1 SMAN 11 Palembang  tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus s.d September tahun 2019. Aktivitas yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media Power Point dikategorikan baik.  Aktivitas dominan yang dilakukan oleh guru adalah melatih siswa untuk diskusi dan tampil mempresentasikan materi yang dibawakan oleh kelompoknya secara mandiri.  Hal ini sesuai dengan skenario kegiatan pembelajaran dengan model kooperatif dengan media Power Point. Hasil belajar yang dicapai siswa tiap putaran secara kuantitatif mulai putaran 1, 2, dan 3 mengalami kenaikan masing-masing sebesar 5,3%, 11,1%, dan 17,5%. Dengan demikian berdasarkan analisis deskriptif dapat dikatakan terjadi peningkatan hasil belajar.
Pengaruh Pembacaan Cerita Kepada Anak dalam Film Baby's Day Out R. Yasmine Mumtaza Adikusumah; Dian A. Susanti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.5133

Abstract

Berdasarkan temuan pada penelitian, terungkap bahwa dengan membacakan cerita kepada anak dapat meningkatkan memori pada anak. Dengan pembacaan cerita secara menerus, anak akan lebih mudah untuk mengingat cerita dalam buku. Temuan peneliti menjadi indikasi bahwa anak dapat mengingat cerita dengan dibacakan buku cerita. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian yaitu pemeran utama dari film Baby’s Day Out, Bink. Temuan penelitian ini secara umum adalah anak akan mudah mengingat cerita dengan dibacakan buku cerita. 
Teladan Perjuangan, Kepemimpinan, dan Kesederhanaan H.O.S. Tjokroaminoto dalam Pembelajaran Sejarah Ella Maharani Chandra
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.5307

Abstract

Sejarah mencatat bahwa bangsa Indonesia mempunyai tokoh-tokoh hebat. Ternyata, kolonialisme tidak menghalangi mereka untuk menjadi pribadi yang cerdas, berpengetahuan luas, serta berpikiran luas. Bahkan, mereka selalu mengorbankan perlawanan atas penindasan. Salah satu tokoh yang berpengaruh besar terhadap bangsa Indonesia ialah  H.O.S. Tjokroaminoto. Ia amat berperan dalam perjuangan melawan kolonialisme serta imperialisme. Pemikiran nya pun banyak mempengaruhi kalangan aktivis pergerakan.            Tjokroaminoto adalah pemikir dan pejuang. Salah satu pidatonya dikenal sebagai ungkapan yang terus terang, jujur, berani, serta tegas tentang prinsip zelfbestuur (pemerintahan sendiri). Menurutnya, bangsa Indonesia mesti berjuang mendapatkan kebebasan serta kemerdekaan berpolitik. Jangan mengharapkan belas kasih kaum penjajah karena selamanya mereka tidak akan pernah memerdekakan bumiputera. Tidak banyak catatan buku sejarah yang menceritakan peruangan Tjokroaminoto. Oleh sebab itu, pantas saja jika banyak generasi sekarang kurang mengetahui nya. Padahal, perjuangan Tjokroaminoto amat menarik untuk di ketahui dan diteladani. Tjokroaminoto adalah pejuang hebat  menyumbang kan ide sera pemikiran besar bagi Indonesia. Ia sangat merepotkan bagi pemerintah kolonial Belanda. Akibatnya, ia selalu ditekan, meskipun semangat nya pantang luntur sampai kapan pun.
Pengaruh Tindakan Supervisi Klinis dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Mahasir Mahasir
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6650

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1)  mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh tindakan supervisi klinis terhadap kinerja guru, 3) Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan tindakan supervisi klinis terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Supervisi Klinis (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan thitung = 3,058 dan ttabel = 1,957 dimana thitung > ttabel. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhdap Kinerja Guru (Y) dengan thitung = 2,993 dan ttabel = 1,957 dimana thitung > ttabel. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Supervisi Klinis (X1) dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) terhadap  Kinerja Guru (Y) dengan persamaan regresi  = 57,771 + 0,147x1 + 0,240x2, dengan koefisien  determinasi R2 (R square) sebesar  0,99 yang berarti bahwa supervisi klinis dan kepemimpinan kepala sekolah mampu mempengaruhi kinerja guru sebesar 9,9%.
Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Konseling Analisis Transaksioanal Isra Irman; Rahma Wira Nita; Triyono Triyono
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6393

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkah laku salah suai atay Maladjusment pada peserta didik dalam aktifitas sehari-harinya yaitu peserta didik yang kurang percaya diri dan minder. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi maladjusment remaja berbasis pendekatan konseling analisis transaksional dan menyusun rancangan program pelayanan konseling remaja pada masa pandemi berbasis analisis maladjustment model pendekatan konseling analisis transaksional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMA Negeri 12 Padang sebanyak 643 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 90 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian tentang rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model pendekatan konseling analisis transaksional di SMA Negeri 12 Padang dilihat dari hasil identifikasi maladjustment remaja berbasis konseling analisis transaksional berada pada kategori sangat sedikit dan rancangan program pelayanan konseling berdasarkan hasil identifikasi maladjustment diberikan dalam bentuk materi yang disesuaikan dengan maladjustment yang muncul dan diberikan layanan yang sesuai dengan permasalahan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat meminimalisir maladjustment yang dilakukan oleh peserta didik.Kata Kunci : Model Konseling Ego, Maladjusment, Rancangan Program.
Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Konseling Self Vera Nofelira Hendry; Rahma Wira Nita; Triyono Triyono
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6395

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang melakukan Maladjusment dalam aktifitas sehari-harinya yaitu peserta didik yang mempunyai persepsi ketika tidak memenuhi kebutuhan dianggap sebagai hal negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi maladjusment remaja berbasis pendekatan konseling self dan membuat rancangan program pelayanan konseling remaja pada masa pandemic berbasis analisis maladjustment model pendekatan konseling self. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMA Negeri 12 Padang sebanyak 1.039 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 289 peserta didik diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian tentang rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model pendekatan konseling self di SMA Negeri 12 Padang dilihat dari hasil identifikasi maladjustment remaja berbasis konseling self berada pada kategori sedikit dan rancangan program pelayanan konseling berdasarkan hasil identifikasi maladjustment diberikan dalam bentuk materi yang disesuaikan dengan maladjustment yang muncul dan diberikan layanan yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat meminimalisir maladjustment yang banyak dilakukan. Kata kunci: Maladjusment, Konseling Self, Program
KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN TATAP MUKA TERBATAS DI TK NEGERI PEMBINA II TANGERANG SELATAN Agus Nilna Amanina; Cintia Kusuma; Anggita Rahma; Lizza Suzanti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6859

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah terpaksa dibatasi atau yang dikenal dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). dengan pembelajaran yang dibatasi peserta didik dapat ikut kegiatan pembelajaran secara bergantian. Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam mendampingi anak belajar. Studi ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam pendampingan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang guru dan 11 orangtua murid di TK Negeri Pembina II Tangerang Selatan. Hasil penelitian didapatkan dari jawaban kuesioner peneliti kepada orang tua.
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran NHT pada Siswa Kelas III SD Siti Warda Okta Syadhefi; Erfan Ramadhani; Arief Kuswidyanarko
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v19i2.7243

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu model Numbered Head Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas III yang mendapat pembelajaran Numbered Head Together lebih baik daripada siswa di kelas yang mendapatkan pembelajaran biasa melalui pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas III SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 19 Banyuasin I. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t Paired Sampel T-Test. Dari hasil penelitian diperoleh uji-t dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,000 ≤ 0,025 dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis”.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue